Inilah 4 ‘Dosa’ Para Pendaki Gunung Yang Harus Kamu Hindari

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan terutama bagi mereka para pecinta alam yang ingin menyaksikan keindahan alam Indonesia dari berbagai sudut tempat. Banyak yang beranggapan  bahwa mendaki gunung menjadi hal yang keren dan gagah, namun sebenarnya mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat sakral dan harus benar-benar dilakukan oleh orang yang mengaku pecinta ataupun penikmat alam bukan lah seorang perusak alam.

Jika anda seorang pecinta alam yang hoby mendaki gunung tentunya anda harus mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari ketika anda mendaki gunung. Bagi yang belum mengetahuinya, berikut ada 4 Dosa Para Pendaki Gunung Yang Sebaiknya Dihindari.

Baca Juga : Nama Nama Gunung Di Jawa Timur

1. Melakukan Pendakian Masal (Non-Konservatif)

Pendakian Masal Non-Konservatif
Pendakian Masal Non-Konservatif via chatrinaariani.wordpress.com

Sebelum anda melakukan pendakian sebaiknya anda survey terlebih dahulu berapa kapasitas gunung tersebut sehingga anda bisa memperkirakan berapa jumlah pendaki yang sebaiknya diperbolehkan ikut. Untuk itu, dalam pendakian kita harus memperhitungkan secara matang setidaknya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jadilah pendaki yang bertanggung jawab yang tidak merusak ekosistem alam pegunungan.

2. Andil Besar Mencemari Lingkungan

banyak sampah di gunung
banyak sampah di gunung via jijihans.com

Yang namanya pecinta alam tentunya kita harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Namun seringkali kita lihat ditengah perjalanan banyak orang yang memakan makanan ringan kemudian membuang bungkus makanan tersebut secara sembarangan. Ini merupakan potret kebanyakan pendaki yang kurang memahami akan arti konservasi.

3. Bersikap Acuh Tak Acuh Dan Pasif

pendaki yang acuh tak acuh dan pasif
pendaki yang acuh tak acuh dan pasif via wiranurmansyah.com

Salah satu sikap yang harus dihindari oleh seorang pendaki gunung adalah acuh tak acuh. Acuh dalam menanggapi tugas konservasi dan menanggap bahwa kebersihan lingkungan atau jalur pendakian merupakan tanggung jawab penjaga taman nasional atau LSM Lingkungan. Pendaki harus memiliki kesadaran yang besar untuk menjaga lingkungan jadi anda harus benar-benar menjadi seorang pecinta alam yang baik bukanlah penikmat alam yang tidak tau konservasi.

4. Merusak Keasrian Gunung

aksi vandalisme di gunung
aksi vandalisme di gunung via nalacita.com

Disetiap jalur pendakian sering ditemui corat-coret vandalisme pada bebatuan, pohon hingga pos pendakian. Selain itu juga memetik bunga edelweiss juga dinilai sebagai kegiatan yang merusak keasrian gunung. Tindakan sembrono yang seringkali dilakukan dapat menyebabkan kebakaran hutan. Untuk itu putung rokok dan bekas api yang telah anda gunakan sebaiknya harus diperhatikan dengan baik.

Artikel ini ditulis ulang dari berbagai referensi

Leave a Comment