7 tempat terlarang untuk buang air kecil di gunung

7 tempat terlarang untuk buang air kecil di gunung

Untuk seorang pendaki normalnya buang air kecil di gunung paling tidak sekali dalam sehari. Perjalanan memanjat gunung ialah perjalanan panjang dan umumnya melalui malam.  Begitu pula untuk para pendaki gunung. Mereka pun perlu guna buang air kecil ketika pendakian.

buang air kecil di gunung
buang air kecil di gunung

Beberapa pendaki barangkali ada yang tahan sampai sampai pulang ke basecamp dan buang air kecil di sana. Namun lazimnya pendaki gunung kebelet ketika sudah di atas dan menyimpulkan untuk buang air kecil di sana.

Sama laksana di lingkungan masyarakat pada umumnya, buang air kecil di gunung pun ada adabnya. Kita jangan asal melemparkan hajat anda sembarangan. Gunung ialah milik bersama. Milik semua pendaki dan milik semua makhluk hidup lain. Untuk tersebut perhatikan tempat-tempat dimana kamu berkeinginan buang air kecil.

Nah, sebagai berikut jejakpendaki.web.id berikan sejumlah tempat yang dilarang guna dikencingi ketika di gunung.

buang air kecil di gunung di Liang atau lubang

Jangan buang air kecil di dalam liang atau lubang. Hal ini supaya fauna yang terdapat di dalamnya tidak terganggu. Hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi. Hewan riskan seperti ular dapat saja terbit dan mematok pendaki yang mengencingi lubang dimana ular tersebut tinggal.

buang air kecil di gunung di Aliran air yang jernih

Di gunung lazimnya terdapat sejumlah tempat yang mempunyai aliran air. Jangan buang air kecil pada aliran air tersebut. Seperti yang anda tahu bahwa air di atas gunung berarti kehidupan. Aliran air di gunung dapat diambil guna diminum semua pendaki oleh karena tersebut jangan sekali-kali buang air kecil di aliran air.

Intip Juga  Diduga Terpeleset, Seorang Pendaki Jatuh ke Kawah Gunung Dempo

buang air kecil di gunung di Air diam atau genangan air

Jangan buang air kecil pada air yang diam. Dan tidak boleh pula buang air kecil pada genangan air sebab akan menciptakan bau pesing yang tidak hilang. Jadi andai di gunung terdapat genangan air tidak boleh lantas malah dikencingin.

buang air kecil di gunung di Jalan/jalur pendakian

Jangan buang air di jalan atau jalur pendakian. Buanglah air seni anda jauh-jauh dari jalur pemanjatan supaya semua pendaki yang lewat tidak terganggu dengan bau pesing.

buang air kecil di gunung di Tempat berteduh

Jangan pula buang air kecil di lokasi yang dipakai pendaki guna berteduh. Misalnya pohon rindang, pos pendakian, atau tenda orang. Bener sih kalo buang air kecil di pohon rindang itu lebih syahdu, tapi itu bisa mengganggu pendaki lain yang biasanya istirahat di sana. Jangan juga sampai buang air kecil di tenda orang, bisa bisa dikeroyokin sama rombongannya.

buang air kecil di gunung di Tempat jatuhnya buah buahan

Dilarang pula guna buang air di lokasi dimana di situ terdapat pohon yang tumbuh buah. Misal pohon jambu, pohon mangga, dan sebagainya. Di sejumlah gunung mempunyai pepohonan yang berbuah.
kencing di gunung di Makam
Pada sejumlah jalur pendakian seringkali pendaki mengejar sebuah makam. Jangan sekali-kali guna buang air kecil di makam ya.

buang air kecil di gunung di Botol

Sering sekali ditemukan botol aqua mengandung air kencing yang terbaring begitu saja di gunung. Ini ialah tindakan paling tidak terpuji. Jangan terbalik. Membuang air seni di dalam botol tidak terdapat manfaatnya sama sekali. Mungkin anda sepintas berpikiran melemparkan air di botol lebih sederhana dan aman. Tapi tersebut justru pemikiran yang salah. Botol kosong dapat dimanfaatkan guna air bersih. Lantas memasukkan air seni ke dalam botol tujuannya apa? kemudian dilemparkan begitu saja, tersebut maksudnya apa? Apakah agar pendaki lain memungut lalu meminumnya? Jelas dosa besar untuk seorang pendaki.
Lalu usahakan dimana semua pendaki boleh buang air kecil?

Intip Juga  Lagi, Seorang Pendaki Tewas di Gunung Gede Pangrango

Carilah lokasi yang berjauhan dari jalur pemanjatan atau lokasi camping. Kamu dapat buang air kecil di semak-semak atau di tanah atau dimanapun asal tempat tersebut tidak dilalui pendaki beda dan dapat menyerap air seni kamu.

Show Buttons
Hide Buttons