bukit kelam
bukit kelam

5 Fakta Bukit Kelam Sintang, Kalimantan Barat

Posted on

Bukit Kelam – Howdy Borneans!, kalian pernah mendengar mengenai Ayers Rock di Australia? Ayers Rock ialah sebuah batu monolit atau tunggal raksasa yang berbentuk bukit di Australia yang dianggap sebagai batu terbesar di dunia. Batu ini paling terkenal dan menjadi di antara objek wisata di Negeri Kanguru.

Ayers Rock, Australia dinobatkan sebagai Batu Monoloid terbesar di Dunia
Tapi tahukah kalian, bila Indonesia mempunyai batu monolit yang lebih banyak dari Avers Rock? Batu monolit terbesar di Indonesia terletak di Provinsi Kalimantan Barat, lebih tepatnya di Kota Sintang. Berdasarkan Wikipedia, batu ini dinamakan dengan Gunung Kelam, tetapi masyarakat lebih tak asing menyebutnya dengan Bukit Kelam.

bukit kelam
bukit kelam

Selanjutnya admin bakal berbagi seputar kenyataan menariknya.

1. Bukit Kelam Batu Terbesar di Dunia

Bukit kelam lebih tepatnya sedang di Kecamatan Kelam Permai, 20 km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat atau selama 395 km dari Pontianak. Terletak salah satu dua sungai besar, yakni Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

Batu ini terbentang dari unsur timur ke barat dengan tinggi 1.002 mdpl. Jika anda coba dikomparasikan dengan Ayery Rock di Australia yang oleh UNESCO dinyatakan sebagai warisan dunia, sebagai Batu Monolid terbesar, sebenarnya melulu mempunyai tinggi selama 863 Mpdl, jauh di bawah Bukit Kelam.

2. Cerita Rakyat Bukit Kelam

Setiap wilayah di Indonesia familiar memiliki kisah legenda yang khas, demikian pula yang ada di Bukit Kelam. Layaknya gunung tangkuban perahu, Bukit ini pun memiliki kisah legenda tersendiri.

Patung Bujan Beji di Sintang
Konon katanya, dahulu kala Bukit ini adalah sebuah bongkahan batu yang dipikul oleh sorang pemuda digdaya dari suku dayak mempunyai nama Bujang Beji. Batu itu dipikul guna kemudian dipakai sebagai pembendung sungai Melawi.

Pada saat tersebut ada dua buah sungai yang saling bersangkutan disana, yakni sungai melawi dan sungai Kapuas. Setiap sungai dikuasai oleh seseorang. Sunga Kapuas dikuasai oleh bujang Beji, sementara sungai Melawi dipegang oleh Temenggung Marubai.

Mereka berdua memiliki kesukaan untuk menciduk ikan. Pada sebuah saat, Bujang Beji merasa iri hati lantaran menyaksikan Temenggung menemukan hasil tangkapan ikan lebih tidak sedikit di sungai melawi. Karena rasa iri hatinya, ia lantas mengambil seluruh ikan yang sedang di Sungai Melawi sampai tinggal sedikit, dan lantas ia berjuang untuk menyimpulkan aliran sungai melawi dengan sungai Kapuas dengan membendungnya.

Akan tetapi, pada dewi kayangan turun dan menggodanya. Bujang Beji pun menyaksikan keatas dan tanpa sengaja tali penangkut batu raksasa milikinya terputus. Batu itu kemudain terjatuh di suatu lembah mempunyai nama Jetak. Itulah tidak cukup lebih kisah legenda asal-usul batu kelam yang dikisahkan secara turun-temurun.

3. Misteri Bukit Kelam

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana proses terbentuknya batu raksasa tersebut. Ada yang benar-benar percaya dengan legenda Bujang Beji terdapat pula yang berasumsi bukit ini adalahBatu Meteor pada zaman dahulu.

Banyak masyarakat meyakini legenda bujang beji sebab mereka percaya dengan adanya orang digdaya atau berkemapuan spektakuler pada zaman dahulu. Sampai sekaran juga mereka masih meyakini adanya orang sakti, terutama untuk suku tertentu.

Teori Bukit Kelam ialah Meteorid
Sedangkan pendapat mengenai jatuhnya batu meteor, hingga sekarang tidak sedikit baik dari domestik dan luar yang datang untuk menganalisis bukit ini. Mungkin penjelasan tersebut muncul sesudah melihat format bukit yang lebih tampak serupa batu raksasa.

Apapun itu, bukit kelam memang menyimpan teka-teki yang paling luar biasa. Bagaimana suatu batu utuh menyusun bukit sebesar itu.

4. Wisata Bukit Kelam

Disamping ke unikan dan misteri yang ada padanya, Bukit Kelam menyimpan keindahan dan keeksotisan yang luar biasa, paling cocok untuk kalian yang kegemaran mendaki. Bukit ini menyajikan pemandangan hutan tropis khas Kalimantan yang asri.

Jika kalian ingin berangjangsana ke bukit ini, kalian bisa menempuh jalur udara maupun darat. Kalian bisa terbang memakai pesawat Kalstar dengan rute Pontianak- Sintang yang melulu memerlukan masa-masa tempuh sekitar 35 Menit.

Sedangkan jalur darat, kalian mesti menempuh jarak 400km selama tidak cukup lebih 6 jam perjalanan ke kota sintang dari Pontianak. Kalian dapat memakai bus regular jurusan Pontianak – Sintang atau kendaraan pribadi.

Terdapat dua jalur pemanjatan yang bisa kalian tempuh, memanjat atau menaiki anak tangga yang sudah disediakan. Bagi jalur pemanjatan tidak terlalu susah karena melulu mempunyai kemiringan 15-40 derajat. Jika kalian hendak lebih cepat menjangkau puncak, kalian dapat memakai anak tangga yang terdapat dengan kemiringan 90 derajat di sebelah barat bukit.

Untuk jalur pemanjatan normal masa-masa yang ditempuh menjangkau 4 jam , sementara jalur tangga melulu sekitar 2 jam untuk menjangkau puncak. Jarak dan masa-masa yang ditempuh tidak akan seimbang dengan keindahan puncak bukit.

Bagi kalian yang hendak bermalam, dianjurkan untuk menyiapkan sekian banyak peralatan dengan lengkap, khususnya jaket dan perangkat penghangat. Karena suhu diatas pada malam hari selama 10-20 derajat. Cukup dingin untuk kalian yang tidak terbiasa. Jika kalian bermalam, pagi kalian bakal disambut oleh indahnya pemandangan sunrise di puncak bukit.

Di samping keindahan puncak dan pemandangan di perjalanan, bukit ini ternyata pun mempunyai daya tarik lainnya yakni air terjun, sarang burung walet dan goa raksasa. Selain tersebut kalian pun dapat menyaksikan indahnya sungai Kapuas dan Melawi dari atas puncak bukit.

5. Keanekaragaman Flora dan Fauna di Bukit Kelam
Bukit Kelam

Anggrek Hitam dan Kantong Semar di Kelam
Siapa sangka di suatu batu raksasa terdapat sekian banyak macam tumbuhan dan hewan unik dan langka. Di lokasi ini kalian dapat mengejar tanaman Kantong Semar, Meranti (Shorea sp), Tengkawang (Dipterocarpus sp), Bangeris (Koompassia sp), Anggrek hitam dan anggrek-anggrek lainnya. Sedangkan fauna, kalian dapat mengejar beruang madu, Armadillo, dan sekian banyak macam jenis burung.

Bukit Kelam adalah salah satu unsur dari kekayaan Indonesia yang mesti tetap anda jaga dan kembangkan. Bukan melulu tanggung jawab pemerintah saja untuk mengubah kekayaan bangsa ini, kita pun dapat mengerjakan hal-hal kecil lainnya yang bisa berdampak. Salah satunya dengan mempromosikannya ke khalayak ramai bahwa anda mempunyai sebuah lokasi yang istimewa di Kalimantan Barat yang mempunyai nama Bukit Kelam.

Intip Juga  Gunung Patuha Beserta Kawah Putih yang Eksotis
Widyo Sendyko
Pendaki tangguh yang suka makan semangka di gunung