Gunung Andong dan 10 Faktanya yang Pendaki Wajib tahu!

Bagi kamu yang suka mendaki tentunya tidak akan sempurna jika belum mengunjungi gunung andong. Gunung yang sedang dengan hits ini merupakan gunung tipe perisai dengan ketinggian 1.726 mdpl.

Gunung yang tidak memiliki aktivitas vulkanik ini berlokasi di Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang. Gunung yang sedang populer-populernya di Instagram ini ternyata memiliki banyak sekali fakta menarik yang harus kamu tahu. Terutama jika kamu memang seorang pendaki sejati.

Photo by salsadeas https://www.instagram.com/p/BMkVDkUhBaa/
Photo by salsadeas https://www.instagram.com/p/BMkVDkUhBaa/

Gunung ini selalu ramai dengan pengunjung. Setiap hari, ada saja sekelompok orang yang mendaki kesini. Pasalnya, gunung ini bisa dikatakan tidak terlalu ekstrim dan cukup aman dibandingkan dengan gunung lainnya. Apalagi, biaya tiket masuknya juga sangat murah yaitu Rp 4.000/orang. Maka tak heran jika objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Letaknya yang ada di sebelah barat gunung Merbabu membuat gunung ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan landscape kota Salatiga dan Solo dari puncaknya.

Photo by tifanimaulidza https://www.instagram.com/p/BKjj8VBAZY0/
Photo by tifanimaulidza https://www.instagram.com/p/BKjj8VBAZY0/

Gunung andong juga populer sebagai spot strategis untuk melihat keindahan sunrise dan sunset. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik bagi para pendaki yang memang sangat senang berburu keindahan alam. Tak kalah dengan gunung Telomoyo, gunung ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Bedanya, gunung Telomoyo sudah memiliki track yang tidak lagi alami karena sudah dijadikan sebagai objek wisata. Berbeda dengan gunung ini yang masih sangat alami. Track yang dimiliki gunung ini hampir sama dengan gunung Merbabu, yang mana memiliki dua buah puncak dengan jalur yang ekstrim. Jalur ini dikenal dengan sebutan jalur punggung sapi “geger sapi”.

Track yang akan kamu lewati saat mendaki di gunung ini kebanyakan adalah rerumputan, walaupun ada juga beberapa spot dimana kamu akan berjalan di tengah hutan pinus. Sama seperti mendaki gunung lainnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan kondisi dan fakta-fakta apa saja tentang gunung yang akan didaki. Berikut ini adalah 10 fakta menarik yang wajib kamu ketahui sebelum mendaki kesini.

#1. Gunung Andong: Ramainya bro!

Semenjak populer di media sosial, gunung ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang sangat siginifikan. Terutama saat hari-hari libur atau weekend, dimana banyak orang yang mendadak ingin tahu dengan gunung ini.

Photo by rizkycan95 https://www.instagram.com/p/BMOaa8zDpzQ/
Photo by rizkycan95 https://www.instagram.com/p/BMOaa8zDpzQ/

Apalagi bagi mereka yang baru mengetahui bahwa gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.726 mdpl, maka tak heran jika mereka yang sebelumnya tidak suka pergi mendaki gunung mendadak jadi memiliki keinginan untuk mendaki. Apabila kamu ingin mendaki saat suasana agak sepi, maka pilihlah hari kerja mulai dari Senin hingga Jum’at.

#2. Cocok untuk pemula

Seperti yang sempat disinggung, gunung ini hanya memiliki ketinggian mencapai 1.726 mdpl. Ukuran tersebut tentu terbilang pendek dibandingkan dengan gunung-gunung besar lain yang ada di Indonesia. Saking pendeknya, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam untuk bisa mencapai puncak.

Ibu dan anaknya di gunung andong. Photo by d_rinjanimaryam https://www.instagram.com/p/BNB9vwBgkmA/
Ibu dan anaknya nyaman di puncak andong. Photo by d_rinjanimaryam https://www.instagram.com/p/BNB9vwBgkmA/

Selain itu, kemiringan track gunung ini juga tidak begitu curam ataupun terlalu datar yaitu sekitar 45 derajat dan konstan. Dengan begitu, kamu bisa menikmati perjalanan dengan lebih menyenangkan. Tak hanya cocok untuk pemula, gunung ini juga bisa dijadikan tempat paling ideal bagi pendaki profesional yang ingin melepas rindu untuk mendaki ketika kondisi alam, fisik atau keuangan belum memungkinkan untuk bisa mendaki gunung yang jauh lebih tinggi.

#3. Hutan pinus yang indah

Jika di gunung-gunung lain kamu biasanya bertemu dengan hutan yang lebat, maka di gunung ini kamu akan menemukan hutan pohon pinus yang amat cantik.

Photo by vikaeste https://www.instagram.com/p/BMDsSwkDAMd/
Photo by vikaeste https://www.instagram.com/p/BMDsSwkDAMd/

Hutan ini bisa dijadikan sebagai spot menarik untuk mengambil foto. Kombinasi antara tanah yang masih berumput dengan hutan pinus yang lebat tentunya akan membuat perjalanan kamu selama mendaki terasa lebih sejuk.

Photo by _meizda https://www.instagram.com/p/BLsAlnYg-E0/
Photo by _meizda https://www.instagram.com/p/BLsAlnYg-E0/

Selain itu, adapula sumber mata air tepat berada di bagian pinggir jalur pendakian. Dimana air mengalir tersebut bisa dipakai oleh para pendaki yang ingin membuat tenda.

Photo by kafitviqri https://www.instagram.com/p/BMySy2DgJkm/
Photo by kafitviqri https://www.instagram.com/p/BMySy2DgJkm/

#4. Track yang menantang

Meskipun memiliki ketinggian yang biasa-biasa saja, track yang harus kamu lalui untuk mendaki gunung ini hampir sama dengan gunung lainnya yang penuh dengan bebatuan dan pijakan yang licin. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak para pecinta alam yang secara sukarela memberikan petunjuk kepada pendaki lain dengan anak panah agar bisa mencapai puncak gunung.

Photo by apriliya_88 https://www.instagram.com/p/BJ9P1V-AaWW/
Photo by apriliya_88 https://www.instagram.com/p/BJ9P1V-AaWW/

Selain itu, fakta lain tentang gunung ini yang perlu kamu ketahui adalah jalannya yang tipis dan menantang. Di track geger sapi yang dilewati, kamu akan menemukan jalan tips yang sisi kanan kirinya dikelilingi jurang. Melewati jalan tipis ini, andrenalin kamu sebagai seorang pendaki akan tertantang dan terpacu.

#5. Pemandangan puncak yang menakjubkan

Setelah melewati tracking yang menantang dengan gigiran jalan yang tipis, sampailah kamu ke puncak tertinggi. Dari atas, kamu akan melihat pemandangan alam yang unik dan menakjubkan. Apalagi jika kamu berkesempatan untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelamnya, maka sudah pasti kamu akan ketagihan untuk datang kembali ke gunung ini. Memiliki bentuk puncak yang lancip membuat gunung ini terlihat menyerupai punukan sapi.

Photo by linggabinangkit https://www.instagram.com/p/BHb0niGB6iQ/
Photo by linggabinangkit https://www.instagram.com/p/BHb0niGB6iQ/

Sehingga tak heran jika gunung ini dikenal dengan sebutan andong. Dari atas puncak, kamu juga bisa merasakan adanya kabut yang menyelimuti sehingga membuat suasana semakin sejuk dan menyegarkan. Kabut tersebut hanya akan lewat begitu saja, setelah itu menunjukkan panorama alam yang asri dan tampak sangat hijau.

#6. Biar kecil, tapi tetap menantang

Meskipun gunung ini memiliki ukuran yang tidak begitu tinggi, gunung ini tetap menawarkan sensasi mendaki yang mampu memacu andrenalin. Hal ini sangat dirasakan oleh para pendaki, baik yang masih pemula hingga yang sudah profesional sekalipun.

Photo by rosalina_sn https://www.instagram.com/p/BKRm7MVgv6F/
Photo by rosalina_sn https://www.instagram.com/p/BKRm7MVgv6F/

Oleh karena itu, kamu yang hendak mendaki kesini tetap harus melakukan persiapan fisik yang tepat. Selain fisik, hal yang perlu kamu persiapkan adalah peralatan mendaki dan logistik selama perjalanan. Karena walaupun kecil, kegiatan mendaki di gunung ini sangat menguras tenaga.

#7. Berseberangan dengan Gunung Merbabu

Kamu tidak bisa mendaki ke gunung Merbabu karena suatu hal? Maka gunung ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Selain tak kalah menarik, ternyata gunung ini bersebelahan persis dengan gunung Merbabu.

Photo by ga.angga https://www.instagram.com/p/BLqpSGiBFSS/
Photo by ga.angga https://www.instagram.com/p/BLqpSGiBFSS/

Pemandangan alam Gunung Merbabu akan benar-benar terlihat sangat jelas di depan mata kamu.

Photo by tifanimaulidza https://www.instagram.com/p/BKmah5zAw-Y/
Photo by tifanimaulidza https://www.instagram.com/p/BKmah5zAw-Y/

Bahkan jika melakukan pendakian di malam hari, kamu akan melihat kilatan cahaya lampu senter yang dimiliki pendaki lain di gunung Merbabu. Menarik bukan? Dengan begitu, kamu yang tidak berkesempatan untuk mendaki gunung Merbabu akan terasa sedang mendaki gunung yang sama meskipun sebenarnya gunung yang kamu naiki adalah gunung andong :D.

#8. Di jalur pendakian, tak ada shelter

Berbeda dengan gunung lain yang sudah tersedia shelter, di gunung ini kamu tidak akan menemukan satupun shelter untuk membuat tenda. Lokasi satu-satunya yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda adalah di atas puncak. Jadi, bagi kamu yang masih pemula harus benar-benar mempersiapkan fisik dan mental yang prima agar bisa sampai ke puncak.

#9. Memiliki 4 puncak

Fakta menarik lainnya dari gunung ini adalah bahwa gunung ini memiliki 4 puncak yang saling berjejeran dengan rapi. Puncak andong berbentuk memanjang mulai dari arah barat hingga ke timur.

Photo by dolanmburiomah https://www.instagram.com/p/BMJTJPgjr9A/
Photo by dolanmburiomah https://www.instagram.com/p/BMJTJPgjr9A/

Dari bentangan tersebut, kamu akan melihat beberapa titik yang disebut dengan puncak. Dan jika dihitung, jumlah puncak yang bisa kamu temui di gunung ini ada sebanyak 4 puncak.

Photo by kikiekaa https://www.instagram.com/p/BLpon0oB8z8/
Photo by kikiekaa https://www.instagram.com/p/BLpon0oB8z8/

Paling barat, terdapat puncak Andong yang dikenal dengan nama puncak makam. Lalu dilanjuti dengan puncak Jiwa, Andong dan terakhir puncak Alap-alap yang berada pada bagian paling timur. Puncak Andong adalah puncak yang paling tinggi diantara semua puncak yang dimiliki gunung andong.

Photo by agoes_setijono https://www.instagram.com/p/BMObZAVA4rB/
Photo by agoes_setijono https://www.instagram.com/p/BMObZAVA4rB/

#10. Sumber air dan warung di puncak

Saat mendaki maka keperluan logistik dan air bukanlah menjadi masalah. Bagaimana tidak? kamu bisa menemukan sumber air yang dialiri melalui pipa-pipa, dimana air tersebut memang diperuntukkan untuk para pendaki. Bahkan, kamu juga bisa menemukan beberapa warung di atas puncak. Dengan begitu, rasa lapar dan lelah selama mendaki akan terbayarkan dengan menikmati makanan di atas puncak.

Demikian tadi merupakan 10 fakta menarik tentang gunung andong. Semoga ulasan ini bisa dijadikan sebagai referensi dan bermanfaat untuk Anda.

12 thoughts on “Gunung Andong dan 10 Faktanya yang Pendaki Wajib tahu!

  1. Yang terpenting tetap jaga kebersihan dari sampah-sampahmu, Buang Sembarangan Mantan Boleh, Buang Sampah Sembarangan Jangan! Salam Lestari

  2. klu dari top selfie pinus kopeng dekat ngak yah ke bascamp gunung andong…mohon infonya dunk bagi yang tau soalnya tgl 1 juni saya ada rencana mau ke andong dan top selfie pinus kopeng

  3. Untuk Transportasi menuju ke Pos Masuk titik temu awal pendakian kalau dari Semarang / Yogyakarta Naik apa dengan kendaraan Umum. Terima Kasih

  4. Oooh ini toh yang namanya gunung andong, bagus juga ya. Wajar klo jadi pilihan para petualang.
    Boleh minta jalur transporasinya kalau dari jakarta? terima kasih.

Leave a Comment