Wisata Gunung Bromo Fakta Sejarah Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Jejakpendaki.web.idGunung Bromo adalah salah satu wisata Gunung di Jawa Timur yang mempunyai segudang keindahan sekaligus dapat memanjakan mata maupun jiwa anda.Sudah begitu banyak cerita yang beredar dari orang orang bila sudah mengunjungi Gunung yang satu ini.Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa Sunrise disini adalah salah satu yang terbaik.

Gunung Bromo mempunyai ketinggian kurang lebih 2.330 Meter diatas permukaan laut (Mdpl) atau setara dengan 7.640 kaki.Merupakan Gunung yang masih aktif (Stratovolcano),Nah pada kesempatan ini jejakpendaki akan memberikan fakta fakta mengenai hal  terkait dengan keberadaan Gunung Bromo.

Gunung Bromo
pxhere.com

Informasi Lokasi Gunung Bromo

Lokasi keberadaan Gunung Bromo adalah terletak di kawasan teritori yang berbatasan dengan 4 Kabupaten di provinsi Jawa Timur.Tepatnya lokasi Gunung ini berada dalam Kabupaten Probolinggo,Pasuruan,Malang,Lumajang.

Ada 3 akses menuju kawasan Gunung ini,bisa dari Probolinggo,Pasuruan maupun Malang,Namun akses yang paling mudah ditempuh adalah yang dari Kabupaten Probolinggo.

Dari Kabupaten Probolinggo sendiri bisa lewat Kecamatan Tongas maupun Lewat Probolinggo bagian kota.Jika anda mengunjungi Gunung Bromo tanpa menginap sehari sebelumnya dan sampai di kota Probolinggo sudah pada malam hari,maka kita sarankan untuk memilih akses masuk ke kawasan wisata ini dengan melewati jalan Probolinggo kota saja.

Memang 15 menit lebih lama namun akan lebih aman dalam perjalanan (meminimalkan resiko terhadap hal hal yang tidak diinginkan).Dan ujungnya adalah desa Cemoro Lawang yang merupakan pos peristirahatan sebelum menuju ke Pananjakan maupun kawah.

Apabila anda masuk  lewat kota Pasuruan maka  akan melalui desa Tosari,Namun akses lewat disini akan melalui jalan yang curam dan kurang baik,meskipun jarak yang ditempuh akan lebih pendek.

Akses masuk menuju Gunung Bromo yang ekstrem dan bagi sebagian orang menantang adalah lewat kota Malang,tepatnya melewati kecamatan Tumpang.Dari sini membutuhkan waktu yang paling lama untuk menuju kawasan Wisata Gunung Bromo,namun seperti yang sudah kita sebutkan tadi bahwa jalur ini sangat menantang bagi jiwa jiwa petualang sejati.

Harga Sewa Jeep di Gunung bromo

Harga sewa jeep di bromo
pixabay.com

Jika anda masuk melalui  dari kota Probolinggo,maka di Desa terakhir Cemoro Lawang anda harus menggunakan sewa Jeep dari sini.Untuk harga sewanya di kisaran 600 ribu – 750 Ribu untuk 4 Destinasi nya.

Jika anda masuk lewat kota pasuruan dan berhenti di desa Tosari maka sewa Jeep nya di kisaran 500 ribu – 700 Ribu.

Jika anda masuk melalui akses dari kota malang kecamatan Tumpang maka sewa Jeep disana di kisaran 1 juta – 1,5 Jt karena akan melaui track yang panjang dan lama,namun akan melewati berbagai keindahan alam yang dahsyat,sekali kali anda harus mencobanya lewat sini deh.

Sejarah Gunung Bromo

Nama Gunung Bromo sendiri ternyata diambil dari sebuah bahasa yaitu bahasa sansekerta dengan kata “BRAHMA” Dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa Dewa Brahma dalam masyarakat Hindu dikenal sebagai yang utama,jadi tidaklah mengherankan bahwa masyarakat penduduk Tengger yang berada di sekitaran kawasan ini adalah  beragama Hindhu.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo

Untuk harga tiket masuk ke kawasan Gunung Bromo dibagi menjadi 2 macam ,yaitu wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.Untuk wisatawan lokal pada hari biasa dikenakan tarif masuk :

Rp 27.500/orang pada hari biasa

Rp 32.500/orang pada hari libur.

Sedangkan bagi wisatawan asing dikenakan Rp 217.500/orang pada hari biasa dan Rp 317.500/orang pada hari libur.

Harga dibedakan karena wisatawan asing banyak yang mengambil foto foto di kawasan Gunung Bromo dan dijual lagi di Luar negeri.

Untuk itu kalo kita perhatikan ada sebagian wisatawan mancanegara yang bela belain lho berjalan kaki berkilo kilo kilometer untuk menghindari loket masuk ini.

Objek Wisata Gunung Bromo

kawah Gunung Bromo
id.wikipedia.org

Memang sesuai namanya yaitu bromo pastinya bertema dengan keindahan pegunungan, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin berkunjung kesana sebab sudah ada banyak panorama keindahan yang tidak ada duanya, sehingga nantinya kamu akan terpesona dengan keindahan alam tersebut.

Perlu diketahui juga memang kebanyakan wisatawan lokal yang ingin pergi harus mengawalinya dengan touring bersama pada pukul 03.00 WIB (Menuju lautan pasir), sedangkan untuk saran transportasi yang mereka gunakan hanyalah Jeep Hardtop atau sering disebut sebagai motor besar, dalam hal ini dapat di tumpangi oleh beberapa orang (umumnya 6 orang include Driver).

Mengapa banyak orang menyarankan pergi ke gunung bromo pada jam 03.00 wib, sebab pada jam jam tersebut sudah mendekati pagi hari, nantinya kamu akan menikmati pemandangan sun rise matahari melalui puncak bukit di kawasan  tersebut, kamu dapat memanfaatkan momen terindah ini dengan membawa kamera untuk mengambil gambar terindah bersama keluarga ataupun pasangan kamu sendiri.

Bahkan tidak hanya itu saja,apabila sudah memasuki fase pagi hari kamu dapat menghirup udara yang sangat sejuk disertai dengan embun kecil.

Ada beberapa tempat pemandangan atau Spot yang dapat di lihat melalui Gunung bromo jika kamu ingin berkunjung kesana baik itu ketika memasuki hari-hari libur,bekerja ataupun di hari-hari besar.

View Point Gunung Bromo

pananjakan bromo
pixabay.com

Istilah dari view Point disini ialah pengunjung atau wisatawan dapat menikmati panorama keindahan alam apabila sudah mencapai puncak, kamu juga dapat melihat secara langsung matahari yang indah ketika terbit di pagi hari (Sun Rise).

Suasana seperti ini memang sering di incar oleh banyak wisatawan karena ingin mengabadikan momen terindah tersebut bersama keluarga tercintanya. Dalam lokasi wisata gunung bromo nantinya telah di suguhkan oleh beberapa tempat yang cukup menakjubkan.

Salah satunya adalah seperti Pananjakan Seruni Point, bukit Kingkong, bukit cinta yang sering di kunjungi oleh pasangan suami istri dan yang terakhir adalah puncak B29 bromo.

Kawah Gunung Bromo

kawah bromo
pixabay.com

Sudah tidak di pungkiri lagi bahwa destinasi wisata di Gunung  Bromo pastinya untuk melihat kawah gunung secara langsung, nah untuk kawah bromo tersebut memiliki garis tengah 800 meter.

Untuk menuju kawah maka kamu harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 1,5 Km sampai dengan 2 Km,kamu bisa berjalan kaki maupun naik kuda dari pemberhentian Jeep.Biaya naik kuda menuju kawah kisaran 150 ribu untuk pulang pergi.

Nantinya kamu akan menaiki anak tangga dengan berjumlah 250 anak tangga. Jadi alangkah baiknya gunakan saja transportasi kuda, sebab anak tangga tersebut bisa dikatakan lumayan panjang sekali. Dalam perjalanan tersebut pengunjung dapat melihat pemandangan yang sangat elok melalui puncak kawah Gunung Bromo, panorama yang di lihat mulai dari pegunungan yang bertengger dengan membentuk garis-garis terjal.

Oh iya sekedar informasi bahwa jika kamu mau menghemat biaya Jeep maka kamu bisa melihat Sun Rise melalui atas kawah Gunung Bromo ini lho,dan tidak kalah bagusnya dari Pananjakan.

Padang Savana (Bukit Teletubbies)

bukit teletubbies gunung bromo
wikipedia.org

Selain objek wisata kawah  dan sekitarnya ialah padang savana, atau sering disebut oleh wisatawan sekitar adalah padang Bukit Teletubbies, mengapa dikatakan nama seperti itu ? Sebab pada padang bukit tersebut di berikan hamparan halaman rumput yang sangat luas sekali,dan bukit yang bentuknya menyerupai Bukit Teletubies yang ada di film kartun.

Apabila kamu dan teman-teman berkunjung disana nantinya dapat menghirup udara yang sangat sejuk sekali karena banyaknya rumput hijau yang menghiasi padang hamparan tersebut. Momen indah seperti ini dapat kamu manfaatkan untuk mengambil gambar bersama keluarga ataupun bersama pasangan kamu sendiri, bahkan wisatawan asing fotografer juga memanfaatkannya untuk mengambil gambar yang lumayan berkualitas.

Perlu diketahui juga bahwa jika ingin berkunjung ke tempat tersebut harus melewati kawah gunung di bagian selatan, pastinya tempat tersebut bisa dibilang lumayan unik sekali, bagaimana tidak kalau padang teletubbies adalah salah satu destinasi yang sering di incar banyak orang.

Lautan Pasir ( Pasir Berbisik )

pasir berbisik gunung bromo
wikipedia.org

Tidak kalah ketinggalan dengan yang lainnya, hamparan lautan pasir yang ada di Gunung bromo sudah termasuk dalam area lokasi wisata yang cukup indah sekali, hal seperti ini banyak dilihat banyak orang termasuk wisatawan asing untuk mengabadikan momen terindah mereka, sebab dalam hamparan pasir tersebut terlihat lukisan dengan garis yang sangat elok sekali sehingga sungguh rugi apabila kamu meninggalkan momen terindah di Gunung bromo tersebut.

Lalu mengapa hamparan pasir ini sering disebut banyak orang sebagai “pasir berbisik” sebab ketika ada angin berhembus tentunya pasir tersebut akan mengeluarkan suara gemuruh, bahkan hal ini pernah di manfaatkan sebagai tempat syuting film dengan nama “pasir berbisik” dibintangi oleh artis bernama Dian Sastrowardoyo.

Harga Penginapan Di Gunung Bromo

Untuk masalah tempat menginap maka kamu tidak usah khawatir,karena di sekitara pos loket tiket masuk banyak banget Hotel maupun Villa dan bahkan rumah penduduk yang disewakan.Untuk harga hotel disini di kisaran 300 ribu sampai dengan 1 juta per malam nya,tergantung kelas hotel yang kamu kehendaki.Sedangkan untuk rumah penduduk dengan kapasitas 2 kamar disewakan di harga 400 ribu per malamnya.

Tips Berwisata Ke Wisata Gunung Bromo

Pilih Waktu Yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi ke gunung bromo adalah langkah yang perlu anda perhatikan, sebab apabila salah dalam merencanakan waktu tentunya kurang indah panorama alam disana, biasanya untuk waktu yang paling tepat ialah ketika mendekati masa kemarau karena hal tersebut wisatawan lebih jelas melihat sun rise matahari terbit di pagi hari.

Silakan kamu bawa keluarga ataupun kerabat dekat untuk menikmati keindahan alam gunung bromo yang sangat sejuk itu, bahkan untuk tiket masuk wisata ini dapat dikatakan murah sekali, jadi hal ini lebih menghemat pengeluaran kamu ketika ingin travelling kesini.

Jagalah Kondisi Fisik

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik, pastikan terlebih dahulu sebelum Mengunjungi ke gunung bromo fisik kamu tetap bugar dan sehat, hal ini dikarenakan ketika sudah mencapai puncak gunung tersebut kamu akan merasakan cuaca yang tergolong dingin sekali, jadi jangan sampai kondisi kesehatan kamu menurun begitu saja, sebab dapat mengurangi keceriaan ketika liburan.

Penutup

Demikianlah artikel yang sudah saya bagikan tentang objek wisata Gunung bromo, apabila artikel ini dirasa dapat memberikan manfaat, maka silakan kamu bagikan ke media sosial lainnya agar orang lain dapat tahu bahwa wisata kesini adalah pilihan yang tepat ketika ingin berlibur.Selamat berlibur ya.