Berita Semeru: Pendakian ditutup per tanggal 5 Januari 2016

gunung semeru liputan6 pict

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup jalur pendakian Gunung Semeru mulai tanggal 5 Januari.

“Rencananya pendakian Semeru ditutup pada 5 Januari 2016, karena saat ini masih banyak pendaki yang berada di jalur pendakian usai merayakan libur Tahun Baru 2016,” kata Ayu, Sabtu (2/1/2015).

“Senin (4/01) merupakan hari terakhir para pendaki yang naik ke gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu. Mereka harus segera turun karena jalur pendakian akan ditutup,” sambung dia.Simak Juga : Air Terjun Coban Rondo

Penutupan mengacu Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya

Penutupan jalur pendakian Semeru juga mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang isinya menyebutkan penutupan jalur pendakian dapat dilakukan jika kondisi membahayakan dan alasan kepentingan pemulihan ekosistem.

Karena sebelumnya terjadi kebakaran yang melanda lereng Semeru dan menghanguskan ratusan hektar di wilayah itu, karena itu diperlukan adanya penutupan untuk upaya pemulihan ekosistem.

Curah hujan tinggi juga jadi sebab ditutupnya pendakian

“Selain pemulihan ekosistem, pada bulan Januari diprediksi curah hujan cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan terjadi cuaca buruk di jalur pendakian, sehingga gunung tertinggi di Pulau Jawa ditutup sementara,” kata Ayu.

Selain itu, banyak sampah di semeru…

Banyak sampah di sepanjang jalur pendakian gunung Semeru disebabkan terjadinya peningkatan jumlah pendakian akibat libur panjang natal dan tahun baru.

Petugas sudah menghimbau untuk membawa turun sampah, tetapi masih saja banyak pendaki yang bandel dan tidak mengindahkan intruksi tersebut.

 

Sumber terkait:
Gunung Semeru Tutup Untuk Pendaki 5 Januari 2016, Ini Alasannya
Pendakian Semeru Ditutup pada 5 Januari
Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup Mulai Besok

Leave a Comment