Tips Berpakaian Di Gunung : Layering System

tips berpakaian di gunung
How to Layer Clothing for Each Season via www.outdoorgearlab.com

Ketika kita menghadiri sebuah acara seperti pernikahan ataupun ulangtahun tentu kita harus menyesuaikan pakaian yang kita kenakan dengan acara tersebut dan begitupun sama halnya dengan mendaki gunung. Dalam mendaki gunung tentu kita membutuhkan pakaian gunung, bukan agar terlihat keren tetapi untuk menjamin kenyamanan ketika kita berada diatas gunung. Layering System merupakan sistem pelapisan pakaian yang memungkinkan agar kita dapat mengatur temperatur tubuh dan menyesuaikannya dengan lapisan yang digunakan.

Ada tiga lapisan layer yang dapat perlu anda ketahui terlebih dulu yang pertama adalah Base Layer atau lapisan pertama kemudian yang kedua adalah insulating layer dan yang terakhir adalah Shell Layer. Dari ketiga lapisan tersebut tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda dan berikut ini adalah penjelasan tentang tiga lapisan tersebut.

1. Base Layer

base layer
dasar dasar layering dalam berpakaian via rayendrablog.wordpress.com

Base Layer merupakan lapisan pertama yang bukan hanya berfungsi sebagai penyerap keringat tetapi juga agar keringat menguap kelapisan lainnya. Untuk itu kami dalam pendakian sebaiknya anda tidak menggunakan pakaian yang menggunakan bahan katun karena hanya dapat menyerap keringat saja tetapi tidak dapat menguapkannya.

Bahan Katun dapat meningkatkan resiko hipotermia dan untuk base layer ini sebaiknya anda menggunakan pakaian yang berbahan wol atau sintetik seperti polyster. Bahan tersebut tidak hanya mampu menyerap keringat tetapi juga dapat mentransfernya kelapisan lain sehingga badan kita akan lebih kering ketika berkeringat dan yang terpenting andalah tubuh anda tidak akan bau meskipun berkeringat karena pakaian akan cepat kering.

2. Insulating Layer

insulating fleece layer
Mountain Equipment Mens Eclipse Zip Fleece via www.greatoutdoorssuperstore.co.uk

Lapisan yang kedua disebut dengan Insulating Layer dimana lapisan ini berfungsi untuk menjebak udara disekitar tubuh sehingga tubuh tetap terasa hangat meskipun berada dipegungungan. Untuk lapisan ini sebaiknya anda menggunakan pakaian yang berbahan serat seperti sweater dengan bulu angsa (down). Bahannya cukup ringan sehingga mudah untuk dipacking, selai bahan down anda juga bisa menggunakan fleece atau yang disebut bahan polar.

Fleece cukup ringan dan dapat menahan panas dengan baik sehingga ketika musim dingin anda bisa menggunakan lapisan kedua yang berbahan down atau fleece yang lebih tebal.

3. Shell Layer

shell layer
soft shell jacket mountaineering via id.aliexpress.com

Untuk lapisan terakhir merupakan lapisan yang sangat penting karena cuaca pegunungan sangat sulit untuk ditebak. Lapisan ini digunakan untuk mencegah air masuk kelapisan kedua dan ketiga. Shell Layer dapat berupa jaket windproff (anti-angin) namun ketika anda membeli atau menggunakan jaket shell ini pastikan terlebih dahulu ukurannya pas ketika kita menggunakan dua lapisan dibawahnya.

2 thoughts on “Tips Berpakaian Di Gunung : Layering System

Leave a Comment